Usir Jamur Dalam Mobil

1Serbuk Putih

JURNALKU.WEB.ID – RONTAL Awalnya aku kaget dengan titik-titik putih di bagian bawah sarung jok Mbak Katsy (Katana Sexy). Asem tenan ternyata betul dugaanku kalau itu jamur.
Pantas saja kalau berjamur karena Mbak Katsy parkirnya di atas paving. Paving berada di atas tanah bekas sawah. Kiri kanan dan belakang rumahku adalah sawah yang sangat subur dan cukup pengairannya. Udara lembab yang menguap dari paving masuk dalam kabin mobil dan mengundang jamur berdatangan. Jadi deh tarik lengan baju dan membersihkan kabin Mbak Katsy secara tanpa direncanakan sebelumnya.
Dua minggu kemudian jamur sialan itu timbul lagi dan akhirnya dengan sangat terpaksa harus dibersihkan kembali. Kejadian yang sama terus berulang sampai berbulan-bulan. Capek kan? Ya pasti capek karena mengulang hal yang sama berkali-kali dengan hati yang dongkol.

Baca juga: Trik Mengganti Spion Katana Jadi Nyaman

Setelah muter-muter kota Jombang untuk mencari dan bertanya-tanya barang apa yang cocok untuk dipakai sebagai anti jamur ternyata aku belum menemukan jawaban yang pas. Ada yang menyarankan diberi pengkilap vinyl, disemprot obat serangga, dikasih garam bubuk, ditiup hair dryer, bahkan diolesi body lotion huhuhuhu memangnya kulitnya kering dan pecah-pecah?

2Beli Penyerap Kelembaban (Dehumidifier)

Penyerap Kelembaban

Waktu jalan-jalan ke toserba untuk belanja bulanan tak sengaja aku lewat di bagian alat-alat pembersih. Aku membaca keterangan di salah satu produk penyerap kelembababan atau dessicant yang fungsi utamanya adalah mencegah jamur. Aku lihat harganya Rp 11.000 yang terdiri dari main unit (tempat + refill) dan refill sebungkus sebagai bonus. Harga refillnya sendiri kurang lebih Rp 7.000. Nah ini adalah barang yang sangat cocok dengan kebutuhanku mengusir lembab di kabin mobil dengan harga yang pantas (bagi kantongku). Penyerap kelembaban ada berbagai merk dan berbagai type. Bentuknya pun macam-macam. Ada yang berupa kantung plastik untuk digantung, silinder, dan kotak untuk ditaruh.

3Usir Jamur Dalam Mobil

Usir Jamur Dalam Mobil

Langsung aku letakkan di sini:

Tampak pada gambar butiran kalsium kloridanya sudah sangat sedikit dan cairannya sudah  penuh. Berarti sudah waktunya menguras. Masa pakainya sekitar 5 minggu dan harus dikuras kemudian diisi lagi dengan refillnya.

Refil Dehumidifier
Refil Dehumidifier

4Hasil Yang Memuaskan

Sampai sekarang sudah satu tahun lebih aku mengaplikasikannya di Mbak Katsy. Alhasil jamur tidak pernah muncul lagi. Aman sampai saat ini. Selain usir jamur dalam mobil, penyerap kelembaban ini mantap juga untuk mencegah timbulnya karat di interior mobil, jok yang sering diduduki tidak cepat lengket karena lembab terkena keringat, karpet yang basah terkena cipratan minuman jadi tidak berbau, serangga tidak betah tinggal di dalam kabin mobil yang kering.

Baca Juga: Trik Sederhana Bersihkan Tangki Bahan Bakar

Kelemahannya satu. Percuma pasang parfum dalam mobil. Bau yang dihasilkan parfum mobil akan dengan cepat diserap oleh penyerap kelembaban ini. Apalagi yang ada arangnya jadi makin tak berdaya parfum mobilnya. Tapi kondisi ini tentu tidak berarti dibanding dengan datangnya jamur dan karat pada mobil kita kan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar
Silakan masukkan nama