Sekolah Menengah Kejuruan Yang Memberikan Pendidikan Karakter Dengan Dasar Ekonomi Kreatif

SMK Investama berdiri pada bulan Maret 2016. Dengan doa sepenuh hati & mengharap ridlo Allah SWT, SMK Investama membuka 2 jurusan. Fokusnya adalah jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) sebagai pencetak tenaga kreatif. Ditunjang dengan jurusan Akuntansi sebagai pengatur keuangannya.

Masih bayi yang baru saja membuka mata menatap indahnya dunia & belajar memberikan manfaat kepada masyarakat, sebagai SMK DKV Investama tidak ragu untuk mensejajarkan diri dengan sekolah kejuruan lain yang berdiri lebih lama & mempunyai pengalaman lebih banyak.

Siapa di Belakang SMK Investama

Sebagai penggerak & pembimbing, adalah Nasrul Ilah atau lebih akrab dipanggil Cak Nas. Cak Nas mempunyai peran penting dalam membidani lahirnya SMK Investama sekaligus mengepalai. Track record Cak Nas sebagai pendidik veteran, seniman kawakan, budayawan senior tidak perlu diragukan lagi kapasitasnya. Adik budayawan nasional Emha Ainun Najib ini mengabdikan hampir seluruh hidupnya dalam bidang seni & pendidikan. Bersama dengan Ketua Kadin Kabupaten Jombang Drs. Fatchur Rohman, Kepala UPT Balai Latihan Kerja Provinsi Jawa Timur di Jombang Subur, S.H., M.M. dan beberapa praktisi berbagai profesi seperti Kuswartono, S.E., M.Si. (produk olahan buah salak Kunara), Budi Prasetyo Utomo, S.T. (Ringin Contong Televisi), Robert Budiman, S.T. (Robert Grafika) mendirikan sebuah sekolah menengah kejuruan yang diberi nama Sekolah Menengah Kejuruan Investama di Kabupaten Jombang.

Kesempatan Emas Bagi Lulusan SMK Investama

Siswa SMK Investama tidak perlu kuatir kekurangan jalan untuk memasuki bursa kerja karena para tokoh penting dalam bidang ketenagakerjaan & penggiat ekonomi ini telah memberikan 2 jaminan kepada lulusan SMK Investama:

  1. Untuk mendapatkan pekerjaan pada perusahaan-perusahaan mitra SMK Investama.
  2. Bagi lulusan SMK Investama yang ingin mandiri akan dipermudah legalitasnya untuk membuka lapangan kerja.

Desain Komunikasi Visual

Mendesain sebuah produk sekaligus memikirkan cara bagaimana berpenampilan spesial namun mudah diterima oleh masyarakat adalah fokus jurusan DKV. Siswa diajak untuk menikmati indahnya seni desain yang dihasilkan dari kreativitas & kedisiplinan. Dengan kata lain, siswa DKV dicetak untuk menjadi seorang pekerja seni yang benar-benar kreatif & mandiri dengan mengutamakan ketepatan waktu. Lulusan DKV dipersiapkan sejak dini pada saat masuk bursa kerja, yaitu mandiri.

Pelajaran kreatif DKV adalah menggambar tangan, menggambar digital (vector, bitmap, 3D), seni kriya (karya tangan yang mempunyai fungsi & keindahan) yang benar-benar diterapkan dalam keseharian para siswa sehingga menjadi keahlian yang mampu diandalkan untuk bersaing dalam bursa kerja.

Sebagai contoh sederhana pada saat Praktek Kerja Industri (Prakerin), setelah pemberian penjelasan pekerjaan (briefing & job description) para siswa DKV SMK Investama mampu bekerja mandiri tak berbeda dengan karyawan lain yang sudah berpengalaman. Bahkan pada beberapa kasus, siswa DKV SMK Investama diketahui memberikan pengetahuan tambahan kepada karyawan di lokasi Prakerin. Berguna & memberikan inspirasi kepada lingkungan sekitarnya. Karena memang dibekali dengan pemahaman yang cukup bahwa berbagi ilmu timbal baliknya akan menambah ilmu yang telah dimiliki sekaligus mempunyai tabungan di akhirat kelak.

Sebagian karya-karya DKV:

 

Dari sini bisa dilihat kemampuan kompetensi DKV SMK Investama Jombang yang mempunyai keunggulan kreativitas dalam bidang seni. Dibimbing oleh para guru yang hampir semuanya adalah praktisi pada bidang kreatif masing-masing. Sehingga para siswa DKV SMK Investama menerima transfer ilmu dengan nilai tambah pengalaman yang hanya bisa didapat setelah menjalani profesi sekian lama.

Tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama Desain Komunikasi Visual SMK Investama Jombang.

Akuntansi

Sebagai seorang pengatur & pengawas keuangan, seorang akuntan harus berpegang pada aturan keuangan yang baku, teliti, & jujur. Dalam menjalankan profesinya seorang akuntan mempunyai prosedur tetap yang harus ditaati agar sistem keuangan tetap teratur & mudah diawasi. Role play Akuntansi SMK Investama, siswa Akuntansi mempunyai tugas untuk mengatur & mengawasi keuangan dalam sebuah usaha yang dimotori oleh tenaga-tenaga kreatif dari DKV. Tenaga kreatif dari DKV fokus bergiat menjalankan perusahaan sementara tenaga keuangan dari Akuntansi mengatur & mengawasi keuangannya. Kinerja yang simbiosis mutualisme.

Dalam proses pendidikan di SMK Investama, siswa dari Kompetensi DKV & AKUNTANSI selalu disinergikan. Sintesa energi tersebut akan mampu mengoptimalkan kemampuan dan kinerjanya. Siswa DKV penuh KREATIVITAS sedang siswa AKUNTASI nyaman dengan KETERTIBAN, menjadi PADUAN yang EFEKTIF & EFISIEN.

Tunggu apa lagi? Hanya SMK Investama yang mampu mensinergikan kedua jurusan dengan optimal. Segera bergabung bersama Akuntansi SMK Investama Jombang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar
Silakan masukkan nama