Novel Perjuangan Berjudul Les Hitam Karya SB Chandra

Les Hitam Karya SB Chandra
Les Hitam Karya SB Chandra

Beberapa tahun yang lalu aku menemukan 3 jilid novel berseri berjudul Les Hitam karangan Sang Manusia Harimau, SB Chandra. Setting cerita pada waktu Clash II yaitu saat pasukan NICA masuk dan KNIL mulai dibentuk sebagai kepanjangan tangan militer Kerajaan Belanda di garis depanuntuk menguasai kembali tanah air Indonesia.

Ringkasan Jilid VI Les Hitam Karya SB Chandra
Ringkasan Jilid VI Les Hitam Karya SB Chandra

Pada masa yang genting itulah banyak berkeliaran mata mata dari berbagai sisi dan pengkhianat negara. Tentu saja para pejuang sejati Bumiputera tidak tinggal diam dan bergerak cepat membentuk garda untuk melindungi kepentingan bangsa ini. Berbagai macam serikat rahasia pun bermunculan. Ada yang murni tanpa pamrih bersedia mengorbankan harta dan nyawa berjuang demi terusirnya penjajah yang ingin mencengkeram tanah ini kembali. Ada yang berjuang sambil mengeruk keuntungan dari pihak yang dibantu, meski jiwanya tetap condong kepada Sang Bumi Pertiwi. Ada pula yang menyaru menjadi serikat pejuang bawah tanah tapi sesungguhnya adalah anjing piaraan pemerintah kolonial yang bertugas untuk menyusup dalam jaringan pejuang tanah air.

Ringkasan Jilid VII Les Hitam Karya SB Chandra
Ringkasan Jilid VII Les Hitam Karya SB Chandra

Dalam novel terbitan 1955 ini dibeberkan detil fiksi perjuangan secara menarik oleh Bung SB Chandra. Ilustrasi yang istimewa digarap oleh Mieke SD. Tapi sayang yang aku punya cuma 3 jilid Les Hitam saja. Arti Les Hitam sendiri adalah blacklist yaitu daftar hitam pengkhianat bangsa yang akan dibasmi oleh serikat pejuang. Daftar inilah yang menjadi incaran pihak lawan untuk dimusnahkan.

Pembaca blog ini yang mempunyai jilid yang lain bisa barter fotokopiannya. Kita sama sama melengkapi jilid yang hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar
Silakan masukkan nama